BERMAIN TERAPEUTIK MEWARNAI GAMBAR MENINGKATKAN PERILAKU KOOPERATIF ANAK USIA PRASEKOLAH SAAT PEMBERIAN INJEKSI DI RUANG ANGGREK RSUD DR SOESELO KABUPATEN TEGAL

  • Deasi Amalina Program Studi Sarjana Keperawatan dan Ners, STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi
  • Anisa Oktiawati Program Studi Sarjana Keperawatan dan Ners, STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi
Keywords: Bermain Terapeutik Mewarnai, Perilaku Kooperatif

Abstract

Perilaku kooperatif anak sangat diperlukan selama menjalani perawatan di rumah sakit untuk mencapai proses penyembuhan yang optimal. Anak yang tidak kooperatif harus dilakukan penanganan khusus, jika tidak dampaknya akan buruk bagi anak. Bermain terapeutik diyakini mampu menghilangkan batasan, hambatan dalam diri, stres, frustasi serta mempunyai masalah emosi dengan tujuan mengubah tingkah laku anak yang tidak sesuai menjadi tingkah laku yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap perilaku kooperatif anak usia prasekolah saat pemberian injeksi di ruang Anggrek 2 RSUD Dr Soeselo Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen rancangan prepost test design Sampel yang diambil adalah pasien anak pra sekolah yang tidak kooperatif sebanyak 25 anak di ruang Anggrek RSUD dr. Soeselo Slawi Kabupaten Tegal. Hasil uji wilcoxon nilai p Value = 0,000 (α<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima atau menunjukkan terdapat pengaruh bermain terapeutik mewarnai gambar terhadap perilaku kooperatif anak usia prasekolah saat pemberian injeksi di Ruang Anggrek RSUD Dr Soeselo Kabupaten Tegal. Saran yang dapat disampaikan adalah agar rumah sakit dapat mempertimbangkan kebijakan dalam peningkatan pelaksanaan pemberian terapi bermain terapeutik bagi setiap anak yang menjalani perawatan di rumah sakit, untuk meningkatkan perilaku kooperatif anak dan mempercepat proses penyembuhan anak

Published
2019-07-30